Rabbigfirli Waliwalidaya Warhamhuma Kama Robbayani Soghiro
Melunasi Hutang dengan Bantuan Allah
Bayu Blog/Artikel
Melunasi Hutang dengan Bantuan Allah  
2009-10-09 | kajian_kisah

Pagi itu datang seorang pengusaha ekspedisi kepada gurunya yang bernama Habib Umar bin Hud Al Attas (almarhum). Pengusaha tersebut mengeluhkan beban hutang usaha yang tidak lagi sanggup ia pikul.

Tumpah-ruah isi hatinya yang menanggung kegundahan akibat hutang tersebut. Sudah banyak cara ia tempuh, dan pagi itu Allah Swt mengantarkan langkah kakinya untuk berjumpa seorang guru yang ia cintai, seorang hamba Allah yang shalih bernama Al Habib Umar bin Hud Al Attas.

"Bib..., tolongin saya agar saya mampu bayar hutang!" pinta sang pengusaha.
"Memangnya berapa besar hutang yang kamu punya?!" tanya sang guru menyelidik.
"Cukup besar, Bib...! Andai rumah dan seluruh asset perusahaan yang saya punya dijual, hutang tersebut juga belum lunas" jelas sang pengusaha.
"Tidak ada yang besar...! Semua masalah jadi besar kalau kita mengukurnya dari diri kita yang kerdil ini! Tapi kalau kita mengukurnya dari Allah Yang Maha Besar, maka semuanya menjadi kecil. Betul gak?!" tanya Habib Umar kepada pengusaha.
"Ya, Bib...! Gak ada masalah yang besar kalau Allah sudah bantu. Tapi bagaimana caranya agar Allah Swt bantu saya bisa bayar hutang?!" kejar pengusaha itu lagi.
"Caranya doa dong yang sungguh-sungguh kepada Allah! Dia Swt khan bilang bahwa setiap doa pasti terkabulkan!!!"

Merasa sudah mulai terbuka jalannya, pengusaha itupun mengejar lagi, "Terus doa yang mujarab apa, Bib?"

Maka Habib Umar Al Attas pun menyampaikan doa yang pernah diajarkan Rasulullah Saw kepada Abu Bakar Ra.

===

Aisyah Ra menyampaikan bahwa ayahnya pernah datang dan bertanya kepadanya apakah Aisyah mendengar doa yang pernah diajarkan Rasulullah Saw kepada Abu Bakar. Aisyah menjawab bahwa ia belum pernah dengar.

Abu Bakar Ra menjelaskan bahwa Nabi Isa bin Maryam As pernah mengajarkan doa ini kepada para sahabatnya dan beliau berujar, "Bila kalian memiliki hutang sebesar gunung dari emas lalu berdoa kepada Allah Swt dengan doa ini, pasti Allah Swt akan memberinya jalan untuk bisa bayar hutang."

Doa tersebut adalah:
Allahumma Faarijal hamm... Kasyifal ghamm... Mujiba da`watal mudhthariin... Rahmanad dunya wal akhirah wa rahiimahuma. Anta tarhamuni, farhamni birahmatin tughnini biha an rahmati man siwaak
Ya Allah, Yang berkuasa menyingkap kegalauan... Yang Mampu menghilangkan segala kesedihan. Engkaulah Zat Yang Menjawab permohonan orang yang terdesak. Engkau Sang Maha Pengasih dan Penyayang di dunia dan akhirat. Engkau senantiasa merahmatiku, maka rahmati-lah aku dengan sebuah rahmat yang mencukupkanku dari meminta kepada selain-Mu.

Abu Bakar berujar usai menjelaskan doa tersebut kepada putrinya Aisyah bahwa ia memiliki hutang dan beliau adalah orang yang tidak suka berhutang. Aku berdoa kepada Allah Swt dengan doa tersebut sehingga aku memiliki keuntungan usaha yang banyak hingga bisa membayar hutang. (Al Mustadrak alas Shahihaini karya Al Hakim)

===
Usai menjelaskan doa terbebas dari hutang tersebut, maka Habib Umar menceritakan pengalamannya.
"Saya juga pernah berhutang, dan saya banyak berdoa kepada Allah Swt agar mudah menyelesaikannya. Saya bertekad ingin sekali membayar hutang!" papar sang Habib.
"Pernah saya beli sepetak tanah di Singapura dari warga keturunan India di sana. Saya beli pakai installment alias cicil alias hutang"jelas Habib.

"Namun saya selalu berdoa kepada Allah Swt agar saya bisa segera menyelesaikan hutang tersebut. Rasanya gak enak kalau ngutang, khawatir gak ada umur dan kita gak diterima Allah di akhirat gara-gara hutang…. Namun disamping selalu berdoa kepada Allah saya juga pasang niat untuk bayar hutang. Setiap punya uang saya selalu sisihkan untuk bayar… hingga saatnya Allah Swt benar-benar mengabulkan permintaan saya!!!" jelas Habib Umar dengan mata berbinar.

"Bagaimana ijabah doa itu?!" tanya sang pengusaha tidak sabar menanti penjelasan.
"Tiba-tiba dari tanah tersebut keluar pasir putih dalam jumlah yang banyak. Hingga para produsen kaca, gelas & perabot membeli dengan harga mahal pasir putih yang keluar dari tanah tersebut…. Melihat banyak orang berdatangan untuk membeli pasir putih dengan harga mahal, maka sang pemilik tanah pun datang menghampiri saya. Dia menawarkan, andai kata saya berkenan membagi separuh tanah yang saya beli darinya, maka saya tidak perlu membayar apa-apa. Sebab ia menaksir bahwa ia sudah amat untung bila bisa menjual pasir putih kepada para pengusaha kaca yang membutuhkan. Maka saya pun sepakat atas tawarannya, sebab tanah tersebut meski dibagi separuh masih terlalu luas untuk dibangun sebuah rumah di atasnya" terang Habib Umar.

"Namun begitu perjanjian dibuat dan saya bisa mendapatkan tanah tersebut dengan gratis tanpa bayar dan mencicil hutang, maka Allah Swt berkehendak pasir putih pun tidak lagi keluar dari permukaan tanah…" tutup sang Habib.

"Subhanalllah….!!!" pekik sang pengusaha terperanjat mendengar penuturan tersebut.

Tidak lama setelah itu sang pengusaha berpamitan dari rumah Habib Umar. Senang sekali rasanya ia mendapatkan jurus ampuh untuk bayar hutang yang baru ia dengar dari gurunya.
Ia pun semakin giat dan rajin berdoa kepada Allah Swt agar diberi kemudahan dalam urusan hutang. Dan benar saja, hanya dalam tempo singkat pengusaha tersebut bisa keluar dari jerat hutang yang hampir menyita semua asset yang ia punya.

Percayalah, doa kepada Allah Swt bisa menyelesaikan semua masalah. Apalagi cuma hutang! :)


From : Ustad Bobby

103428 kali dibaca | Beri Komentar | Bookmark and Share
Daftar Komentar yang masuk untuk blog Melunasi Hutang dengan Bantuan Allah
Beri Komentar lewat FaceBook
Pengirim : indra s
Komentar : saya termasuk orang yang sedang berhutang bahkan dililit hutang saat ini . saya sudah berdoa tiap malam . tapi sepertinya doa saya tidak didengar.sudah habis pikiran saya ini. yang ada dibenak saya adalah membunuh orang yang telah menjebak saya hingga berhutang seperti ini. saya capek dengan keadaan ini saya benar2 capek. padahal besok adalah hari dimana saya harus bayar hutang tapi detik ini saya hanya punya 18ribu rpiah saja sedangkan saya harus bayar total semua 15 juta.saya sudah hancur klo saya sampai di penjarakan maka sebelum itu terjadi maka benar2 akan saya bunuh orang itu. saya sudah pasrah . hanya ALLAH yang tau isi hati saya. tapi mengapa ALLAH tidak segera mengabulkan doa saya . saya capek benar benar capek. ternyata tak ada satupun teman yang mendekat saat saya susah . saya hanya seorang yang butuh pertolongan, pertolongan dari ALLAH dan pertolongan dari orang orang yang mengaku saudara seiman saya. tapi ternyata semua gak peduli . jika dikatakan "ALLAH tidak akan memberi cobaan pada hambanya melebihi kekuatan hambanya itu" . tapi saya jujur saya diberi cobaan oleh ALLAH melebihi kekuatan saya. dari mana uang sebanyak itu jika saya hanya berkerja sebagai guru tidak tetap yang hanya digaji 150rb /bulan apa cukup . maka dengan ini saya ingin mengatakan tolong bantu saya .
Pengirim : dharend
Komentar : Maha suci Allah SWT, atas pertolonganNya

bright
Video Today

video islami
Services
Web Design

Haryobayu mencoba memberikan solusi terbaik untuk desain web Anda,...
Web Desain
Web Development

Apapun kebutuhan Online Bisnis Anda serahkan pada Haryo Bayu,...
Web Development
PrintOut Design

Desain PrintOut sesuatu yang penting dalam prioritas langkah Bisnis,Haryo Bayu...
desain logo
Kata Mutiara
"Bersabarlah kepada setiap orang, tetapi lebih bersabarlah kepada dirimu sendiri. Janganlah gelisah karena ketidaksempurnaanmu, dan bangunlah selalu dengan perkasa dari suatu kejatuhan."

 

Galery PHOTO
Blue Mosque on Malaysia
tanngal kirim : 2009-06-08
Jakarta Night
tanngal kirim : 2009-06-08
Nice Islamic Wallpaper
tanngal kirim : 2009-06-08
Wallpaper Ramadhan Blue
tanngal kirim : 2009-06-08
Pray Time Wallpaper
tanngal kirim : 2009-06-08
Artikel Section List
Secercah Cahaya di Tengah Guli
tanngal kirim : 2013-08-21
Setiap Ucapan akan Masuk Catat
tanngal kirim : 2013-08-21
Hakikat Kekayaan yang Sebenarn
tanngal kirim : 2013-08-21
Muslim Nampak Miskin, Kafir Hi
tanngal kirim : 2013-08-21
Datangnya Sifat Malas
tanngal kirim : 2013-08-21
Anda, Kuburan Aib Saudaramu
tanngal kirim : 2013-08-21
DOWNLOAD Terbaru
Download tausiyah Ust Arifin Ilh
pengirim : bayu
Download tausiyah Ust Arifin Ilh
pengirim : bayu
Download Tausiyah Ust. Arifin Il
pengirim : bayu
Download Tausiyah Ust. Arifin Il
pengirim : bayu
Buku Panduan Ramadhan
pengirim : bayu
Plugin Al Quran untuk Ms Word
pengirim : bayu
PENCARIAN :    
All content and imagery including design and code copyright © HaryoBayu.Web.id since 2006
RSS 2.0 - Haryo Bayu Blog Terbaru